MENJELASKAN BAGAIMANA PERUBAHAN TERHADAP KEBIJAKSANAAN STRATEGI DAN TAKTIS BESERTA CONTOHNYA MASING- MASING
kegelapan perilaku organisasi berkaitan dengan perencanaan pemasaran yang paling besar adalah pada terminologi pemasaran . Hanya sedikit praktisi pemasaran yang mengerti pentingnya suatu rencana pemasaran strategis sebagai lawan dari rencana pemasaran taktis atau operasional.
Strategi (Strategy) menjelaskan arah yang akan dituju perusahaan dan menuntun pengalokasian sumber daya dan upaya. Dari sudut pendang lain, strategi menjelaskan bisnis di mana kita berada dan bisnis di mana kita akan berada. Strategi menyediakan logika yang mengintegrasikan perspektif departemen fungsional dan unit operasional serta mengarahkan mereka semua pada arah yang sama. Pernyataan strategi untuk unit bisnis terdiri dari elemen sebagai berikut:
- Suatu definisi bisnis yang merinci bidang di mana perusahaan tersebut akan bersaing
- Arahan strategis yang menjelaskan di mana keunggulan bersing akan diperoleh.
- Strategi fungsional pendukung.
- Perubahan pada kebijaksanaan taktis menunjukkan perusahaan gaya lama di mana tidak banyak perhatian yang diberikan pda strategi oleh setiap tingkatan manajemen. Pada perusahaan ini, manajemen tingkat bawah tidak dilibatkan sama sekali, dalam perumusan strategi, sementara manajemen senior dan dewan direksi menggunakan sebagian besar waktu mereka pada isu-isu operasional dan taktis.
contoh :
- Perubahan pada kebijksanaan startegi menggambarkan suatu perusahaan yang menyadari pentingnya strategi dan mendesain agar semua tingkatan manajemen terlibat dalam perumusan strategi.
contoh :
Komentar
Posting Komentar