Untuk hubunganya sendiri manajemen
organisasi serta tata kerja memiliki hubungan yang sangat erat. Organisasi yang
baik untuk mencapai tujuanya perlu manajemen yang baik. Begitupun sebaliknya
untuk mendapatakan manajemen yang terbaik diperlukan sebuah organisasi yang
memiliki orang-orang yang terampil, kreatif serta mampu bekerja secara tim
untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh organisasi. Walaupun sudah
memiliki organisasi serta manajemen yang baik masih dibutuhkan satu lagi
sebagai pelengkap yakni tata kerja. Tata kerja sendiri dimaksudkan sebagai alat
yang digunakan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya. Tanpa adanya tata
kerja yang tepat maka manajamen yang telah dibuat tidak akan maksimal sehingga
apa yang ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi.
Dengan demikian dapat diambil
kesimpulan. Apabila organisasi, manajemen dan tata kerjanya dilakukan dengan
kerja sama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat
dilakukan secara tepat dan lebih terkoordinir sesuai dengan proses kegiatan
yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien
dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan
tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk
ketiganya.
Eratnya hubungan atau hubungan timbal
balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
- Manajemen: proses kegiatan
pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi: alat bagi
pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
- Tata Kerja: pola cara-cara
bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga
tujuan tercapai secara efisien.
Komentar
Posting Komentar